RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN HASIL DPHP MENJADI DPS TINGKAT KABUPATEN

By KPU Kab. OKU 09 Sep 2020, 20:18:17 WIB KPU Kab. OKU
RAPAT PLENO TERBUKA PENETAPAN HASIL DPHP MENJADI DPS  TINGKAT KABUPATEN

Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 13 Kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) terdata sebanyak 258.543 pemilih.

Hal tersebut berdasarkan hasil rapat pleno terbuka yang digelar oleh KPU OKU dari rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU tahun 2020, di ballroom Hotel BIL Baturaja, Rabu (9/9/2020).Komisioner KPU OKU Perencanaan Data dan Informasi, Rahmad Hidayat, mengatakan rapat pleno mengenai DPHP tersebut merupakan perbaikan dari kerja-kerja Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang dilakukan sejak 15 Juli hingga 13 Agustus lalu.

“Dari tanggal 7 Agustus – 29 Agustus, PPS melakukan penyusunan dan pemutakhiran data hasil coklit tersebut,” kata Rahmad.

Berdasarkan rekapitulasi tersebut, jumlah pemilih terbanyak masih dipegang wilayah kota yakni Kecamatan Baturaja Timur, sebanyak 66.909 pemilih.

Untuk data pemilih yang paling sedikit, ada di Kecamatan Muarajaya, yakni sebanyak 5.453 pemilih.“DPS ini akan diumumkan melalui PPS dan akan ditempel di kantor -kantor desa/ kelurahan masing-masing,” ujarnya.

Kalau ternyata ada warga yang belum terdaftar, bisa mendatangi PPS atau PPK kecamatan agar namanya dimasukkan, dengan membawa foto kopi KK atau E-KTP.

“Demi terciptanya Data Pemilih yang akurat, mutakhir dan dengan semangat melindungi hak pilih warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, kami tetap menerima masukan dan tanggapan terkait Data Pemilih disertai dengan data autentik dan bukti tertulis berupa nama pemilih, nomor induk kependudukan, tanggal lahir, dan lokasi TPS di desa/kelurahannya,” jelasnya.

Setelah tahapan ini, lanjutnya, akan ada Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang akan dilakukan rapat pleno dari tingkat kecamatan hingga desa untuk ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Nah untuk pemilih baru, menurut Rahmad, sedikit bertambah jika dibandingkan dengan DPT terakhir pada Pileg 2019 lalu.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment